spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Revisi RTRW PPU Bakal Kembangkan Potensi Daerah Pesisir untuk Sektor Pariwisata dan Perikanan

PPU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Bijak Ilhamdani menyebut akan memastikan pengembangan sektor potensial. Dalam perumusan Revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) PPU, salah satunya daerah pesisir yang memerlukan perhatian.

Ia menjelaskan nantinya terdapat di beberapa wilayah pesisir akan dijadikan sebagai pariwisata. Selain itu, sebagian lainnya akan dijadikan sebagai wilayah perikanan.

“Itu juga industri yang akan dikembangkan lainnya untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) di industri perikanan,” terangnya, Sabtu (12/10/2024).

Nantinya, kawasan perkebunan menurut Bijak akan ditaruh di kawasan khusus industri. Sehingga semua perencanaan ini tidak dapat dikerjakan sendiri, nantinya teknisnya akan diserahkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Nanti kita juga akan buat uji publik. Terutama untuk mengundang camat, lurah dan kepala desa agar bisa tersosialiasaikan dengan baik dan masayraakat tahu dimana saja kawasan yang bisa dikembangkan,” jelasnya.

Termasuk, sosialisasi ini juga penting untuk masyarakat mengetahui daerah mana saja yang dapat dikembangkan sesuai dengan RTRW tersebut. “Masyarakat tahu mau buka usaha di mana, mau buka tempatnya dimana maka perlu sosialisasi dengan baik hingga ke seluruh sektor,” pungkas Bijak. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER