spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saga Sebut Sektor Pariwisata Harus Masuk Dalam Perencanaan RTRW

TANJUNG REDEB – Anggota DPRD Berau, Saga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, untuk melibatkan Sektor Pariwisata saat menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kabupaten Berau.

Pasalnya, Kabupaten Berau merupakan salah saru mitra Ibukota Nusantara (IKN) kedepan. Tentu dengan potensi sektor pariwisara dan kebudayaannya yang dimiliki dapat memberi kesejahteraan bagi masyarakat Berau.

“Hal ini dilakukan agar sektor pariwisata lebih diperhatian dan tertata,” ungkapnya.

Menurut Saga, sebagai Ikon Pariwisata di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), perlu adanya evaluasi dari Dinas terkait untuk melihat perkembangan destinasi wisata di Kabupaten Berau.

“Destinasi wisata yang kita miliki sangat banyak. Untuk itu, evaluasi perlu dilakukan untuk kemajuan pariwisata,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya sangat berharap dalam menentukan RTRW, sektor pariwisata harus memiliki tempat khusus. Sehingga, diharapkan mampu menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kabupaten Berau.

“Jangan sampai sektor pariwisata tidak masuk dalam penetapan RTRW,” tuturnya.

Kemudian, diungkapkannya diperlukan koordinasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kepada DPUPR Berau untuk menyampaikan usulan terkait sektor pariwisata harus masuk dalam RTRW Kabupaten Berau.

Dirinya juga berharap dengan adanya usulan dari Disbudpar Berau untuk tata ruang di sektor pariwisata lebih tertata serta perkembangan destinasi wisata di Kabupaten Berau lebih maksimal.

“Jadi harapan kita lebih kepada bagaimana pengembangan pariwisata ini harus dimaksimalkan,” ujarnya.

Selain itu, tidak hanya RTRW saja yang harus terakomodir. Fasilitas penunjang sektor pariwisata harus dilengkapi, sehingga memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berlibur di seluruh Destinasi Wisata di Kabupaten Berau.

“Jangan hanya promosi tarian saja, yang terpenting adalah infrastruktur dan fasilitas penunjang pariwisata tidak diperhatikan,” tegasnya.

Kemudian, Saga menjelaskan Promosi pariwisata harus gencar dilakukan agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara bisa melihat keindahan Pariwisata Berau. Sehingga, wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung ke Kabupaten Berau.

“Kami mendorong untuk perkembangan pariwisata terus dilakukan. Agar para wisatawan yang berkunjung tidak kecewa dengan berlibur di pariwisata kita. Kalau bisa, ciptakan momen yang berkesan dan rasa ingin kembali berlibur di Kabupaten Berau,” tandasnya.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER