spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Gelar Rakor Bahas Skema Pembiayaan PT SMI untuk Pembangunan Prioritas

PPU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) guna membahas skema pembiayaan pembangunan skala prioritas melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Rapat ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU, Zainal Arifin, di Kantor Bupati PPU pada Selasa (22/10/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD PPU, Raup Muin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nicko Herlambang, perwakilan PT SMI, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat terkait lainnya.

Dalam pembukaannya, Zainal menekankan bahwa pinjaman daerah adalah solusi strategis yang diharapkan dapat mempercepat pembangunan di PPU. Ia menjelaskan bahwa kehadiran PT SMI merupakan alternatif penting dalam mendanai proyek-proyek prioritas di PPU.

“Prinsipnya hari ini kita sedang berdiskusi untuk membuka peluang-peluang pendanaan kreatif untuk pembiayaan pembangunan yang ada di Kabupaten PPU. Pinjaman ini fungsinya sebagai suporting kegiatan pembangunan yang dilaksanakan,” katanya.

Maka itu, dalam hal ini komunikasi dan koordinasi ini digelar untuk lebih menyamakan persepsi. Berkaitan pula dengan Pemkab PPU yang saat ini masih memiliki kewajiban terkait pinjaman sebelumnya dengan PT SMI, yang baru akan selesai pada 2026.

“Saat ini kita masih menjajaki itu, dan terkait pinjaman ini masih harus kita diskusikan lebih lanjut lagi. Hari ini kita juga didampingi ketua DPRD, dan beliau tadi mengamanatkan agar selalu memperhatikan efektivitas pelaksanaan program, sehingga program-program yang dijalankan tersebut dapat betul-betul dirasakan masyarakat,” jelas Zainal.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD PPU, Raup Muinmenyampaikan pentingnya pembiayaan yang lebih besar untuk mendukung pembangunan di PPU. Mengingat wilayahnya yang luas namun dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit.

“Kabupaten PPU memiliki wilayah yang sangat luas, tetapi penduduknya masih kurang, sehingga pembiayaan untuk pembangunan membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan wilayah lain yang lebih kecil,” jelasnya.

Raup juga mengingatkan terkait pemanfaatan dana pinjaman PT SMI sebelumnya. Di mana salah satu proyek, yakni pembangunan Coastal Road, belum bisa berfungsi secara maksimal.

Oleh karena itu, rakor ini diharapkan mampu merumuskan langkah-langkah konkret agar skema pembiayaan dari PT SMI dapat dioptimalkan untuk mendukung pembangunan prioritas di PPU secara efektif dan berkelanjutan.

“Terkait pinjaman, pada prinsipnya kami tidak masalah dan meyakinkan jika itu untuk kebaikan PPU, pastilah saya setuju. Namun, sayang rasanya biaya yang begitu besar jika peruntukannya tidak tepat. Oleh karena itu, dalam membangun, konsep perencanaannya harus jelas,” pungkasnya. (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER