spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Berau Wajib Perhatikan Fasilitas Wisata Bagi Disabilitas

TANJUNG REDEB – Pengembangan pariwisata di Kabupaten Berau saat ini menjadi fokus Pemkab Berau. Namun, satu hal yang belum terpenuhi yakni, penyediaan fasilitas wisata bagi wisatawan penyandang disabilitas.

Hal itu yang masih menjadi perhatian Ketua DPRD Berau, Madri Pani. Baik dari pelayanan, hingga pemenuhan sarana dan prasarana (Sapras)-nya. Dijelaskannya, di tempat wisata perlu disiapkan baik dari turunnya speedboat harus mendapat perhatian, khususnya jika berada di daerah pesisir.

“Bahkan dari turunnya mobil hingga menuju tempat wisata harus ada perhatian khusus penyandang disabilitas,” terangnya.

Jika perlu, pemerintah daerah atau pelaku wisata dapat memanfaatkan kemampuan disabilitas yang memiliki kemampuan tertentu. Seperti, membuat kerajinan tangan atau ukuran misalnya.

“Karena masing-masing pasti punya keahlian sendiri termasuk disabilitas. Dan karya-karya mereka bisa ditampilkan di tempat-tempat wisata,” jelasnya.

Diungkapkannya, di Kabupaten Berau belum ada yang menaungi hal itu. Seharusnya dibentuk lembaga, persatuan atau organisasi yang memanfaatkan sumber daya manusia disabilitas agar mereka memiliki semangat hidup dengan karya mereka.

“Daripada mereka stres sampai depresi dengan kehidupannya sehari-hari, karena tidak bisa berkarya lebih baik dimanfaatkan. Tuhan memberikan kelemahan pada seseorang pasti ada kelebihannya,” ucapnya.

Madri berharap pemerintah daerah untuk dapat memenuhi fasilitas wisata bagi wisatawan penyandang disabilitas. (Adv/Mnz)

Pewarta: Amnil Izza
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER