spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Harus Tegas Dukung Kampung Wisata Di Berau

TANJUNG REDEB – Ketua DPRD Berau, Madri Pani meminta Pemkab Berau tegas dalam mendukung kampung-kampung wisata yang ada di Kabupaten Berau. Dengan sumber APBD Berau yang cukup besar dinilai mampu meningkatkan kampung wisata agar lebih maju.

“Harus ada komitmen dan ketegasan yang baik. Seharusnya ketika ditetapkan menjadi kampung wisata ya tentu ada dukungan penuh dengan sumber dana yang kita miliki,” ucap Madri.

Dia mengingatkan, untuk jangan hanya sekedar janji belaka. Namun, pada kenyataannya justru tidak ada membawa perubahan yang lebih baik. Padahal masyarakat sejatinya telah menunggu bantuan dari pemerintah daerah.

“Jangan hanya janji saja. Saya harus keras juga, kadang-kadang pemerintah ini hanya pandai berjanji dengan bantuan dana sekian, tapi kita tunggu ke depan nyatanya tidak ada,” ucapnya.

Lanjutnya, masyarakat tentu tidak akan mampu tanpa pemerintah daerah. Harus ada komitmen kuat dari pemerintah daerah. Contohnya, membuat banyak event pada kalender pariwisata Berau untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.

“Wisaya bakar ikan kalau bisa dijadwalkan ulang, dan yang makan adalah wisatawan-wisatawan dari luar daerah,” terangnya.

Begitu juga dengan perlombaan perahu panjang tradisional. Selain dibuka untuk lokal perlu juga melibatkan orang luar atau wisatawan dengan kelompoknya sendiri ikut bertanding.

“Atlet lokal kita boleh diadu dengan orang luar, itu bisa menjadi suatu kebanggaan wisatawan yang ikut terjun dengan kearifan lokal kita,” sambungnya.

Sedikit banyak tentunya hal itu dapat membantu masyarakat mengelola kampung wisata yang telah terbentuk. Bahkan dapat menjadi ciri khas Bumi Batiwakkal. (Adv/Mnz)

Pewarta: Amnil Izza
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER