spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bukber dengan Tim GTRA PPU, Makmur Bahas Reforma Agraria Lahan Bandara VVIP IKN dan Jalan Tol

PPU – Dalam kesempatan berbuka puasa bersama (bukber), Sabtu (23/3/2024), Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun tak hanya memanfaatkan momen untuk bersilaturahmi. Tapi lebih jauh, pertemuan dimanfaatkan untuk memahas data dan pelaksanaan Reforma Agraria bersama Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) PPU.

Dalam buka puasa digelar di kediaman Pj Bupati PPU di Kilometer 1 Penajam itu, upaya dalam persiapan lahan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dilakukan. Melalui rapat koordinasi, membahas mulai dari data dan pelaksanaan reforma agraria Bandara VVIP dan jalan Tol.

“Dibahas bersama terkait penyelesaian reforma agraria bandara VVIP, sembari berbuka puasa bersama,” ucapnya.

Dalam rapat koordinasi ini, Tim GTRA melakukan diskusi roundtable terkait laporan yang sudah dipaparkan. hal yang menjadi kendala yang ditemukan dalam seluruh rangkaian reforma agraria.

Tampak hadir, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi, Kapolres PPU AKBP Supriyanto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) PPU Faisal Arifuddin, Ketua Pengadilan Negeri Penajam Jimmy Ray le. Kemudian Sekkab PPU Tohar, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab PPU Nicko Herlambang, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab PPU Sodikin, Inspektur Daerah Budi Santoso.

Selain itu juga hadir sejumlah kepala perangkat daerah. Yaitu Camat Penajam, dan lurah di lima kelurahan yang berdampak pada reforma agraria di dua lokasi pembangunan tadi.

Dalam pertemuan ini telah disepakati arahan dari kepala daerah, agar Tim GTRA untuk lebih fokus pada luasan yang sudah tentukan. Yakni dari 1.883 hektare, terkait penambahan parameter bandara akan di bahas lebih lanjut sembari menunggu surat resmi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Segera diagendakan rapat pada hari Senin malam, bila perlu melibatkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) dan Bank Tanah,” tegas Makmur. (ADV/ DiskominfoPPU)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER