spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Muara Wis Mulai Rangkaian Musrenbangdes

TENGGARONG – Memasuki tahun anggaran 2024, Desa Muara Wis, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), pada Kamis (5/3/2024) pukul 09.00 WITA. Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Desa Muara Wis.

Kegiatan Rapat Musrenbangdes Muara Wis sendiri membahas terkait Rencanan Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDesa) tahun anggaran 2024. Serta usulan perencanaan pembangunan desa ditahun 2025, melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Desa Muara Wis.

“Kegiatan tahunan ini guna menyusun rencana kerja kedepan dan akan dilaksanakan di Desa Muara Wis,” ujar Kepala Desa (Kades) Muara Wis, Kasmir.

Dalam kesempatan rapat yang juga menghadirkan ketua BPD Muara Wis, seluruh ketua RT di Desa Muara Wis, kepala UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muara Wis, perwakilan Lembaga Desa, LPM, tokoh masyarakat dan kader Posyandu dan PKK Desa Muara Wis, dapat saling bekerjasama dalam pembangunan Desa Muara Wis.

Terlebih, secara global dikatakan oleh Kasmir, diperlukan pendapatan Desa Muara Wis pada tahun 2024 yang mencapai Rp 5 miliar, akan digunakan rencana pembangunan di Desa Muara Wis. Diantaranya untuk program pembangunan infrastruktur berupa semenisasi jalan gang, pengentasan stunting, peningkatan Posyandu, kegiatan keagamaan, hingga penanggulangan bencana.

Sementara Camat Muara Wis, Fadliannur, menjelaskan Musrenbangdes merupakan amanat undang-undang kepada desa, kecamatan, kabupaten, provisi, pusat, semua usulan sama tetapi tingkatannya berbeda. Sehingga program pemerintah perlu dikawal dan didukung untuk pembangunan tingkat kabupaten, kecamatan maupun tingkat desa.

“Sampai dengan saat ini program pembangunan di Kecamatan Muara Wis sudah cukup banyak terlaksana baik dibidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” jelas Fadliannur.

“Peranan tugas lembaga-lembaga yang ada di desa, RT agar dapat membantu kelancaran program-program pembangunan Desa Muara Wis,” tutupnya. (adv/DiskominfoKukar)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER