spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispar Targetkan SDM Ekraf Terus Ditingkatkan Kapasitas

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus berkomitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata melalui Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Terlebih Kukar mengantongi predikat kabupaten dan kota kreatif dengan kategori subsektor unggulan di bidang seni pertunjukan. Sehingga Kukar sedang getol-getolnya meningkatkan Ekraf saat ini.

Upaya yang dilakukan dengan cara pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada pelaku Ekraf. Bahkan, pelatihan berupa peningkatan SDM Ekonomi Kreatif juga telah disampaikan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, mengatakan Dispar Kukar melakukan penyerapan aspirasi melalui musrenbang yang dilakukan ditingkat kecamatan.

“Kemarin di Kecamatan Muara Wis, Muara  Muntai dan Kota Bangun, kami dispar menawarkan program, salah satunya program peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelaku ekraf dan pelaku industri priwisata,” jelas Triyatma.

Ia menerangkan Dispar Kukar menawarkan program-program untuk peningkatkan SDM. Mulai dari sertifikasi pemandu wisata, sertifikasi penjamak makanan, dan sertifikasi fotografi. Syukurnya, komitmen yang sedang ditawarkan disebut positif oleh masyarakat.

“Dispar Kukar memberikan program ini karena disanakan juga ada pelaku industri priwisata dan ekraf, dan itu mempengaruhi pengembangan pariwisata karena itu perlu kita perhatikan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan terkait mekanisme sertifikasi nantinya, Dispar Kukar akan bersurat ke pihak kecamatan. Guna meminta perwakilan orang yang akan mengikuti pelatihan program peningkatan SDM ini.

“Dengan catatan yang penting nanti dari kecamatan suratnya. Jadi kalo kita ingin meminta orang atau peserta untuk mengikuti pelatihan tentuny acamat setempat harus tau siapa orangnya,” pungkasnya. (adv/DiskominfoKukar)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER