spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gen Z dan Milennial Kukar Apresiasi Inovasi Kreatif Edi Damansyah

TENGGARONG – Ditengah hiruk-pikuk Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), sebuah revolusi tenang namun berdampak besar sedang berlangsung. Para pelaku ekonomi kreatif dan generasi Z di daerah ini menemukan suara dan kekuatan mereka dalam gelombang inovasi, dan kewirausahaan yang didorong oleh dukungan pemerintah setempat.

Indah Yulita Sari, seorang wirausaha yang telah menyaksikan pertumbuhan pesat ini, berbagi cerita tentang bagaimana pemerintahan di bawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah, telah memberikan dorongan signifikan bagi para pelaku usaha muda dan UMKM.

“Alhamdulillah, saat ini sangat berkembang sangat pesat,” ujar Indah.

“Peran pemerintah sangat luar biasa, mensupport kami, khususnya para wirausaha muda dan UMKM yang ada di Tenggarong khususnya,” lanjutnya.

Event-event yang diadakan oleh pemerintah tidak hanya memberikan ruang bagi para wirausaha untuk berkembang. Tetapi juga menjadi bukti perhatian yang diberikan oleh Bupati. Harapan Indah terhadap Bupati tidak lain adalah agar kolaborasi antara para wirausaha dan pemerintah dapat semakin dipermudah, membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan yang lebih besar lagi.

“Pak Edi Damansyah sangat support UMKM atau wirausaha muda, yang dibantu dalam pelaksanaan usaha dan juga dibantu tenda event untuk wirausaha yang ada di Kukar,” tambahnya.

Di sisi lain, Ridho Mahatir Muhammad, seorang petani milenial, mengungkapkan pandangannya tentang perkembangan ekonomi kreatif di Kukar. “Menurut saya pribadi cukup pesat, ya, selama kepemimpinan beliau,” kata Rido.

Kehadiran bupati di setiap event menjadi simbol dukungan yang tidak hanya menghadirkan semangat tetapi juga mendongkrak kepercayaan diri anak muda yang berkecimpung di dunia ekonomi kreatif. Rido juga menyampaikan harapannya agar Bupati Edi Damansyah dapat terpilih kembali dan membawa Kukar ke arah yang lebih baik lagi.

“Karena saya pribadi, selaku petani dan mewakili kaum tani, sangat merasa terbantu di saat kepemimpinan beliau,” ungkapnya.

Bantuan pertanian dari saprodi dan alsintan yang besar dan masif telah menjadi katalisator untuk mendongkrak perkembangan pertanian di Kukar.

Dampak positif dari perkembangan ekonomi kreatif di Kutai Kartanegara tidak hanya terasa dalam cerita-cerita inspiratif dari para pelaku usaha, tetapi juga tercermin dalam statistik ekonomi daerah. Pada tahun 2023, Kutai Kartanegara mencatat penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menjadi 4,05%, turun dari 5,66% pada tahun 2021. Angka ini tidak hanya menunjukkan penurunan, tetapi juga melampaui target akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang ditetapkan selama masa kepemimpinan Bupati Edi Damansyah, yaitu 4,10%.

Lebih jauh lagi, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita di Kutai Kartanegara mencapai angka yang mengesankan, yaitu Rp325,76 juta pada tahun 2022. Angka ini tidak hanya melampaui capaian provinsi Kalimantan Timur dan angka nasional, tetapi juga jauh melebihi target akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Kartanegara yang sebesar Rp204,69 juta. Ini menandakan sebuah kemajuan ekonomi yang signifikan, sekaligus membuktikan efektivitas strategi pembangunan yang telah diterapkan oleh pemerintah daerah di bawah arahan Bupati Edi Damansyah.

Kemajuan ekonomi yang signifikan di Kutai Kartanegara, yang tercermin dalam peningkatan PDRB dan penurunan TPT, tidak terlepas dari inisiatif strategis yang diusung oleh Bupati Edi Damansyah. Salah satu program unggulan yang menjadi katalis penting adalah Program Kukar Kreatif Idaman. Program ini dirancang untuk memfasilitasi dan mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi kreatif, yang telah menjadi salah satu pilar utama dalam visi pembangunan daerah. Dengan pendekatan yang holistik dan inklusif, program ini membuka peluang baru bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka, sekaligus memperkuat jaringan antar wirausaha yang memungkinkan kolaborasi yang lebih luas dan berkelanjutan.

Dengan semangat inovasi yang terus menerus dan dukungan yang tak tergoyahkan dari pemerintah daerah, Kutai Kartanegara telah menunjukkan bahwa kemajuan ekonomi dan kreativitas dapat berjalan beriringan. Program Kukar Kreatif Idaman bukan hanya sekedar program, tetapi telah menjadi simbol dari transformasi yang berkelanjutan dan inklusif. Seiring dengan langkah-langkah strategis yang diambil oleh Bupati Edi Damansyah, kita dapat melihat bagaimana sebuah visi yang kuat dan tindakan yang terarah dapat membawa perubahan nyata bagi masyarakat.

Kukar tidak hanya telah mencapai target-target pembangunan yang ambisius, tetapi juga telah menetapkan standar baru bagi daerah lain untuk mengikuti jejak kesuksesannya. Kisah Kutai Kartanegara adalah bukti bahwa dengan kolaborasi, inovasi, dan kepemimpinan yang efektif, potensi untuk pertumbuhan dan kemakmuran adalah tak terbatas. (adv/diskominfokukar)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER