spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kecamatan Terjauh Harus Ada Sekolah Filial

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Berau untuk membuat Sekolah Filial bagi Kecamatan jauh di Kabupaten Berau.

Dikatakannya, Sekolah Filial merupakan sekolah jauh yang dibuka di luar sekolah induk dan diperuntukkan bagi siswa dan siswi yang memiliki permasalahan di sekolah.

“Seperti, tidak mendapatkan ruang belajar (ruang kelas) atau jarak tempat tinggal siswa dan siswi yang jauh,” ungkapnya.

Rudi menjelaskan, dibidang pendidikan selama ini kegiatan belajar mengajar tidak serta merta murid datang ke sekolah belajar lalu pulang ke rumah, begitu juga dengan guru ke sekolah mengajar dan selesai tugas pulang.

Kata dia, di daerah pedalaman sana murid sekolah SD kelas 6 sangat minim sekali, namun di kelas di bawahnya ada banyak muridnya.

“Ini sangat disayangkan dan harus ada upaya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk meningkatkan minat belajar,” ucapnya.

Menurutnya, peran orang tua siswa tokoh masyarakat didaerah tersebut harus berperan untuk memerhatikan pendidikan generasi muda mereka. Tidak hanya bergantung pada pihak sekolah saja.

“Pendidikan itu perlu, bahkan perlu sekali. Jangan sampai dilakukan pembiaran karena anak-anak sudah bisa mencari uang tetapi menganggap pendidikan jadi tidak penting,” bebernya.

Ia menegaskan agar Dinas Pendidikan cepat tanggap terkait permasalahan tersebut. Tidak hanya sarana dan prasarana pendukung yang penting tapi juga memberikan pengertian mindset yang salah harus diluruskan juga.

“Buat apa gurunya banyak dan ruang kelasnya bagus jika muridnya tidak ada,” tegasnya.

Rudi berharap, OPD terkait bisa melakukan tindakan antisipasi agar menimbulkan semangat belajar dan bersekolah, khususnya di wilayah pedalaman. Salah satunya dengan Filial paling tidak bisa membantu anak-anak di pedalaman untuk bersekolah.

“Berau memiliki anggaran yang cukup untuk menuntaskan permasalahan ini. Kedepan tidak hanya sekedar membangun bangunan fisik saja tetapi peningkatan kualitas SDM juga perlu diperhatikan,” tandasnya. (Adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER