spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Wajib Tegas Dalam Penanganan Lahan Pasca Tambang

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo meminta pemerintah lebih serius menangani lahan galian pasca tambang. Ini karena lahan tersebut bisa menjadi potensi baru yang menjanjikan, jika dikelola dengan baik.

“Bisa dipergunakan untuk sektor berkelanjutan seperti pertanian pangan serta holtikultura. Tapi harus ada reklamasi perusahaan juga untuk lahan pasca tambang itu,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini banyak lahan pertanian yang juga beralih menjadi lahan tambang, maka sudah seharusnya Pemkab Berau mengingatkan pihak perusahaan untuk melakukan reklamasi.

“Padahal, jika sektor pertambangan sewaktu-waktu anjlok, sektor pertanian adalah yang paling memungkinkan untuk dikembangkan,” terangnya.

Falen juga berharap sektor pertanian mendapat perhatian khusus oleh Pemkab Berau, termasuk kucuran anggaran yang disiapkan untuk pertanian, dikatakannya harus sepenuhnya terserap.

“Upaya yang bisa dilakukan sejak sekarang misalnya membantu para petani dalam sarana prasarana pertaniannya. Sehingga pelan-pelan sektor pertanian ini bisa menjadi pilihan yang benar-benar optimal,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER