spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Gelar Safari Ramadan di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari

PPU – Jadwal Safari Ramadan Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) terus berjalan hingga di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Kecamatan Penajam. Dalam kesempatanb itu, Pj Bupati PPU Makmur Marbun berpesan untuk memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk memperkuat kebersamaan dalam membangun daerah ini.

Pelaksanaan Safari Ramadan merupakan jalinan silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat. Guna membangun sinergitas dan kebersamaan sebagai bentuk kekuatan menuju kemajuan pembangunan daerah yang lebih baik.

“Oleh karenanya Safari Ramadan ini bertujuan untuk bertemu, menyapa, dan bersilaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren dan para peserta didik yang ada di pondok pesantren, untuk melihat langsung kondisi dan perkembangan pendidikan yang ada di pesantren ini,” ungkap Makmur, Kamis (21/3/2024).

Rangkaian Safari Ramadan yang di selenggarakan oleh Pemkab PPU, ditutup dengan penuh khidmat melalui ceramah agama dan doa yang disampaikan oleh Ustadz Zuhdi Panani. Selain bersilaturahmi, pada Safari Ramadan ini, Pemkab PPU memberikan bingkisan kepada pengurus pesantren, ustaz, ustazah dan santri/santriwan pondok pesantren yang diserahkan.

Lanjut Makmur menambahkan bahwa tidak semua informasi kebijakan dan program pemerintah sampai kemasyarakat, khususnya yang jauh dari pusat pemerintahan. Demikian pula tidak semua permasalahan yang ada di masyarakat, dapat diketahui oleh pemerintah daerah.

Tentu di momentum ini, selaku pemerintah daerah menyampaikan sejumlah program yang telah dan akan dilaksanakan pada tahun ini. Dengan memberikan apresiasi dan bantuan kepada guru TKA/TPA dan guru mengaji tradisional.

Semua itu untuk mendorong dan memotivasi guru TKA/TPA dalam mengembangkan minat, kemampuan, wawasan serta pemahaman baca tulis Al-Quran pada para santri dan anak didik yang ada di pesantren. Tentunya anak didik yang ada dipesantren juga mempunyai keinginan untuk mandiri, dan mempunyai cita-cita yang mereka inginkan.

“Oleh karena itu saya titip anak-anak bangsa yang ada di pesantren, untuk memberikan ruang untuk mereka dengan mengedepankan ajaran untuk belajar agama, tentunya mereka juga punya keinginan mandiri, untuk mencapai cita-cita mereka sebagai anak bangsa,” ungkap Makmur.

Lebih lanjut, ia juga berharap dengan tumbuhnya jalinan keterikatan antara pemerintah daerah, masyarakat dan seluruh element lainnya akan berdampak perasahan memiliki, serta meningkatkan partisipasi dan dukungan masyarakat terhadap berbagai kebijakan pemerintah daerah dalam pembangunan. Selain itu juga diperlukan juga toleransi antar umat beragama dalam membangun masyarakat yang harmonis dengan saling menghargai dan menghormati antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena itu saya berharap dengan semangat Ramadan dapat membawa kita semua kepada kesadaran akan pentingnya kebersamaan dalam membangun daerah ini. Melalui momen Ramadan, mari kita tingkatkan kepedulian terhadap sesama serta meningkatkan kualitas ibadah kita semua,” tutupnya. (ADV/DiskominfoPPU)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER