spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Pembinaan Potensi Pariwisata, Disbudpar PPU Bakal Bentuk 3 Pokdarwis Baru Tahun Ini

PPU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Penajam Paser Utara (PPU) berencana membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) baru. Sebagai upaya pengembangan potensi-potensi kepariwisataan yang ada di beberapa kelurahan.

Daerah berjuluk Benuo Taka diyakini memiliki potensi kepariwisataan yang cukup besar. Namun sayang belum tergarap dengan cukup baik, baik oleh pemerintah pun oleh masyarakat di sekitarnya.

Dalam proses pengembangan kepariwisataan ini, Disbudpar PPU mengambil peran dengan aktif melakukan pendampingan pengembangan pariwisatanya. Kepala Bidang Pariwisata dan Pemasaran, Disbudpar PPU, Juzlizar Rakhman menyebut pendampingan itu dilakukan melalui Pokdarwis yang dimiliki kelurahan.

“Kami tetap aktif melakukan pembinaan melalui pokdarwis. Nantinya akan ditargetkan untuk lebih menghasilkan dan memastikan pengelolaannya terlaksana dengan baik,” ucapnya, Rabu (6/3/2024).

Pasalnya, masih belum banyak jumlah lokasi pariwisata yang dikelola langsung oleh Disbudpar PPU, apalagi untuk dipungut retribusinya. Hal ini berkaitan erat dengan lahan wisata yang kebanyakan masih masuk kedalam lahan masyarakat.

“Sebagian besar untuk potensi wisata ini masih menjadi lahan masyarakat. Meski begitu, tetap kita lakukan pembinaan dan kita bentuk teman-teman yang ada di kelurahan dan desa mendirikan Pokdarwis, dari situ nanti pengelolaan itu dilaksanakan,” jelas Juzlizar.

Ia mencontohkan pada Objek Wisata Pantai Sipakario di Kelurahan Nipah-Nipah. pihaknya akan menggelontorkan anggaran untuk memberikan bantuan fasilitas.

Di antaranya, toilet portabel dan gazebo portebel. Hal ini upaya untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung di salah satu destinasi unggulan tersebut, sehingga akan meningkatkan jumlah pengunjung.

“Sementara seperti itu bentuk supportnya, karena masih proses dari pemerintah untuk melakukan pendekatan ke yang punya (dalam pengelolaannya),” terang Juzlizar.

Lebih lanjut, dalam pengembangan pembinaan melalui pokdarwis ini, Disbudpar PPU tahun ini akan membentuk di 3 kelurahan baru. Ia berharap langkah ini akan meningkatkan pengembangan kepariwisataan daerah di 2024 ini.

“Saat ini ada 14 Pokdarwis, tapi tahun ini akan ada penambahan 3 lagi, jadi total 17 Pokdarwis,” tutupnya. (ADV/DiskominfoPPU)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER