spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka Sosialisasi Cerianya Berau dan Bimtek Puja Indah, Wabup Gamalis: Semoga Inovasi Ini Dapat Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau, Gamalis menghadiri dan membuka agenda sosialisasi Cerianya Berau dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) di Ruang RPJPD Bapelitbang Berau, Kamis (12/9/2024).

Perlu diketahui, Bimtek tersebut dilaksanakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau dengan tujuan mengenalkan aplikasi informasi Puja Indah sebagai bentuk pengembangan inovasi di Kabupaten Berau serta sosialisasi proyek perubahan, yakni Cerianya Berau.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Analis Kebijakan Ahli Madya Kemendagri, Asisten III Sekkab Berau, Maulidiyah dan Kepala Bapelitbang Berau, Endah Ernany Triariani. Kemudian peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Berau hingga Pemerintah Kecamatan dan Kampung.

Wakil Bupati Berau, Gamalis menyampaikan bahwa inovasi perlu dilakukan untuk meningkatkan pembangunan daerah dan tersusunnya regulasi tentang pembangunan.

“Pencapaian indeks inovasi Kabupaten Berau pada sebelumnya masih berada di bawah kategori inovatif rendah. Sehingga belum memenuhi kriteria dalam indeks inovasi daerah,” ucapnya.

Padahal, kata dia, Kabupaten Berau telah menciptakan inovasi. Sehingga dengan hadirnya program Cerianya Berau dapat menjadi percepatan inovasi serta pembangunan di Kabupaten Berau.

Lanjut Gamalis, melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dapat menciptakan pelayanan yang baik untuk masyarakat.

“Melalui SDM profesional dapat menciptakan pelayanan yang akuntabel dan dapat memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Dengan mengembangkan melalui pelayanan berbasis digital,” ungkapnya.

Sehingga perlu adanya inovasi yang dapat mengembangkan Kabupaten Berau. Agar juga berdampak terhadap kepada pembangunan daerah dalam hal inovasi.

Supaya program dari Cerianya Berau dapat menjangkau dan bertahan secara lama sampai kepada perguruan tinggi.

“Semoga inovasi ini dapat menjadi dukungan perkembangan pelayanan publik yang berujung kepada kesejahteraan masyarakat dan tersebar hingga perguruan tinggi,” jelas Gamalis.

“Saya berharap seluruh masyarakat dapat mendukung program ini demi terciptanya inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan publik,” lanjutnya.

Sementara, Ketua Panitia, Santi Fatimah menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini juga hasil dari proyek perubahan Kepala Bapelitbang Berau.

“Giat ini merupakan hasil dari proyek perubahan dari Kepala Bapelitbang Berau. Sebagai percepatan pelayanan pemerintahan melalui layanan elektronik,” ucapnya.

“Kegiatan ini berjalan satu hari, diikuti peserta dari OPD di lingkungan Kabupaten Berau serta menggunakan APBD,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER