spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siklus Ekonomi Berau Meningkat, Nurung Imbau OPD Bisa Kolaborasi

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi II DPRD Berau, Nurung menyebut perayaan Irau Manutung Jukut atau pesta membakar ikan bersama-sama yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi ke-70 Kabupaten Berau, belum lama ini, bisa meningkatkan siklus ekonomi masyarakat, khususnya yang berada di daerah pesisir.

Ia menilai pesta rakyat tersebut mampu mendatangkan berkah bagi pelaku usaha di berbagai sektor, utamanya para nelayan. Mereka mampu menyuplai hingga puluhan ton pada perayaan Irau Manutung Jukut tersebut.

“Suplai ikan dari kampung-kampung ini sangat luar biasa. Dengan adanya Manutung Jukut minimal siklus ekonomi masyarakat bawah bisa lebih meningkat,” katanya, Kamis (5/10/2023).

Dirinya juga sempat berkeliling mengunjungi setiap tenda para peserta pesta rakyat tersebut. Dari pengamatannya, cukup banyak sekali peminat agenda itu. Baik dari kampung, kecamatan hingga luar daerah.

Ia pun menyempatkan diri bertanya kepada pengunjung Manutung Jukut. Tidak sedikit yang berasal dari luar Berau.

“Yang dari jauh ada yang sudah menginap sekitar dua hari hanya untuk mengikuti kegiatan. Tentunya meningkatkan pendapatan di berbagai sektor, minimal hotel-hotel kecil bisa terisi,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya sangat menyambut baik kedatangan pesta rakyat yang digelar setiap tahun tersebut. Selain memberikan hiburan ke masyarakat juga dapat mendongkrak roda perputaran roda perekonomian di Bumi Batiwakkal.

Ia berharap, Manutung Jukut dapat terlaksana tahun depan dengan lebih meriah lagi. Ia mengimbau, OPD terkait juga bisa berkolaborasi pada momentum pesta rakyat guna lebih meriah ke depannya.

“Adanya acara seperti ini merupakan momentum kolaborasi antara Diskan sebagai penyedia atau penyelenggaraan dan Disbudpar Berau sebagai promotor,” pungkasnya. (Mnz/Adv)
Pewarta: Amnil Izza
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER