spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Banyak Korban Tenggelam di Sungai, Falentinus Ingatkan Warga Hati-hati

TANJUNG REDEB – Dalam beberapa bulan terakhir, kasus kematian akibat tenggelam di Sungai Segah dan Kelay di Kabupaten Berau terus meningkat. Korbannya beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Hal itu menjadi sorotan Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo. Diungkapkannya, Sepanjang tahun 2023 ini saja, kata Falen, sudah seringkali Basarnas harus mengerahkan anggota dan peralatannya untuk mencari orang yang jatuh tenggelam di berbagai perairan dan berbagai sebab kejadian.

Makanya, masyarakat diminta harus lebih hati-hati dan waspada terhadap peluang-peluang yang sekiranya dapat menjadi penyebab tenggelam di sungai.

“Mulai sekarang harus lebih mengingatkan dan kalau perlu kita kampanyekan keselamatan di perairan. Jangan sampai abai, apalagi korban jiwa yang tenggelam ini tidak sedikit,” ujarnya.

Menurutnya, kejadian kecelakaan di perairan tersebut memiliki banyak faktor, mulai dari orang jatuh ke air lalu kemudian tewas tenggelam atau sebab lain. Alasannya pun beragam, ada yang karena tidak bisa berenang atau tidak mengenakan alat keselamatan. Seperti, pelampung dan jaket penyelamat, hingga ketidaktaatan pada prosedur.

“Kemalangan itu banyak berawal dari kelalaian dan kealpaan yang kalau sebelumnya diingatkan, mungkin sekali tidak akan terjadi.

Dirinya berharap semua pihak bisa saling mengingatkan agar tidak ada lagi korban-korban selanjutnya di perairan kita ini. Minimal kalau tidak bisa berenang, jangan nekat. Dan kalau pun bisa berenang, harus lebih berhati-hati.(Adv/Mnz)

Pewarta: Amnil Izza
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER