spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jalan Trans Kahala-Tabang Dikucur Rp 49 Miliar

TENGGARONG – Peningkatan infrastruktur interkoneksi antar wilayah, terus dilakukan pada 2023. Menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), dalam memberikan peningkatan akses mobilitas masyarakat. Salah satunya di daerah hulu, menyasar Jalan Trans Desa Kahala menuju Kecamatan Tabang.

Jalan sepanjang 7,6 kilometer yang diseminasi, dengan anggaran total mencapai Rp 49 miliar yang berasal ada Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar 2023. Terbagi dalam dua titik pengerjaan, 5,6 km di ruas Desa Kahala dengan nilai anggaran Rp 32 miliar. Dan 2 km di ruas Desa Sebelimbingan senilai Rp 17 miliar.

Ini melanjutkan perbaikan Jalan Poros Desa Kahala yang dikerjakan terlebih dahulu pada tahun 2022, dengan nilai anggaran Rp 35,3 miliar. Terbagi dalam pengaspalan sepanjang 6 km senilai Rp 32,5 miliar, dan Rp 2,3 miliar sisanya untuk penurapan sisi-sisi jalannya sepanjang 200 meter.

“Pada tahun ini dilakukan di dua titik berbeda,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan.

Restu memastikan, peningkatan infrastruktur jalan akan terus dilakukan di daerah hulu. Bahkan ia menyebut peningkatan infrastruktur jalan bakal dilanjutkan kembali pada tahun selanjutnya. Dimana menyasar Jalan Trans Kecamatan Kenohan menuju Kembang Janggut, karena masih menyisakan jalan sepanjang 8 km untuk diperbaiki dan disemenisasi.

“2 km di ruas Desa Kahala dan 6 km di ruas Desa Sebelimbingan (Kecamatan Kota Bangun). Insya Allah akan kita kerjakan pada tahun depan,” lanjutnya.

Konektivitas antar wilayah, memang menjadi salah satu pekerjaan rumah Pemkab Kukar dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Jalan trans yang menghubungkan tiga kecamatan, Kecamatan Kenohan-Kembang Janggut-Tabang ini merupakan jalan sentral, dikarenakan menjadi jalur transportasi utama. Untuk diketahui, selama ini ruas jalan tersebut kerap rusak karena dilanda banjir. Sehingga peningkatan infrastruktur jalan ini sangatlah didambakan oleh masyarakat. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER