spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung Sektor Pertanian, Kecamatan Marangkayu Terus Siapkan Sapras Pertanian

TENGGARONG – Kecamatan Marangkayu sedang giat-giatnya menghidupkan kembali sektor pertanian. Termasuk sarana dan prasarana pendukungnya. Salah satunya yang dikerjakan saat ini, yakni berupa program normalisasi sungai dan irigasi yang menyambung ke Desa Sebuntal dan Semangkok yang jadi sentra kawasan pertanian.

Dikatakan Camat Marangkayu, Ambo Dalle, proyek tersebut berasal dari usulan maupun dari dana aspirasi yang dikucurkan oleh anggota dewan. Yang dikerjakan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar).

“iya, sambil juga diperbaiki normalisasi sungai dan drainase, proyek dari kabupaten maupun dari pokir masuk menjawab persoalan itu,” ungkap Ambo Dalle, Sabtu (11/11/2023).

Tidak hanya itu, bantuan peningkatan kualitas lahan pertanian pun diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar ke Kecamatan Marangkayu. Yakni berupa bantuan kapur yang digunakan untuk mengurangi kadar pH di lahan sawah pertanian. Sehingga lahan persawahan layak digunakan, dan menghasilkan beras yang berkualitas.

Belum lagi, peningkatan kualitas jalan usaha tani di dua desa tersebut. Yang juga dikucurkan Pemkab Kukar melalui Dinas PU Kukar. Dengan anggaran yang diperkirakan mencapai Rp 200 juta. “(Normalisasi dan jalan usaha) dikerjakan oleh Dinas PU,” tutup Ambo Dalle. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER