spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

3 Nama Calon Sekda Berau Mengemuka, Madri Pani: Pilih yang Senior dan Profesional

TANJUNG REDEB – Proses seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Berau telah memasuki seleksi wawancara akhir, Senin (25/9/2023) lalu. Kini tim seleksi (Timsel) telah menerbitkan pengumuman tiga nama calon Sekda Berau.

Melalui surat pengumuman, nomor: 820/15/PANSEL-JPTP SEKDA/IX/2023, tentang penetapan hasil akhir seleksi terbuka jabatan pimpinan daerah jabatan pratama sekretaris daerah di lingkungan Pemkab Berau, ada tiga nama calon Sekda Berau yang disebutkan sesuai abjad. Yaitu, Andi Marewangeng, Maulidiyah dan Muhammad Said.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Madri Pani menuturkan, pihaknya menghargai semua proses mekanisme dari seleksi awal pemberkasan. Yang mana sudah terlihat nilainya secara transparan. Diakuinya, nilai para calon Sekda Berau hampir merata.

“Saya dengar kemarin sudah wawancara akhir untuk menentukan yang terbaik. Nilai mereka juga hampir sama semua. Memang tetap ada kekurangan tapi kita juga harus menerima karena tim pansel ditunjuk sebagai barometer dalam penilaian,” ungkapnya.

Diharapkannya, tim pansel dapat secara kredibel menentukan tiga nama calon Sekda Berau. Jangan sampai dalam wawancara akhir ditemukan ada yang menyerang pribadi seseorang. Terlepas dari materi yang harus diwawancara sampai merugikan salah satu peserta.

“Kami harap kepala daerah secara profesional dan bijak dalam menentukan siapa pilihan Sekda berikutnya,” harapnya.

Pihaknya juga menghargai Bupati Berau yang memiliki hak prerogatif. Tidak dipungkiri Bupati Berau tentunya memiliki penilaian tersendiri. Namun, dirinya tetap menyarankan agar memilih Sekda Berau yang sudah senior dan bisa profesional menjadi penghubung sinergitas antara atasan dan bawahan. Tentunya juga mempertimbangkan posisi Sekda Berau sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Selain bisa berkomunikasi dengan baik, tentunya bisa bekerja sama dengan baik antara legislatif dan eksekutif maupun lembaga vertikal yang ada lainnya. Serta berguna bagi birokrasi pemerintah daerah. Demi kesejahteraan yang dijunjung tinggi, yakni kepentingan masyarakat Bumi Batiwakkal.

“Apapun keputusannya harus tetap dimengerti. Tidak terlepas dari takdir tuhan, melalui pemimpin makanya diberi hak prerogatif untuk menentukan pilihan terbaiknya. Bagi yang tersingkir tetaplah berjiwa besar, berarti bukan waktunya untuk menjadi Sekda,” jelasnya.

Selanjutnya, Jabatan Fungsional (Jafung) Analis Kepegawaian Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Feri Diansyah, saat ini posisi Sekda Berau masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt), Sujadi. Posisi itu pun akan berganti, bila sekda baru akan dilantik.

Dijelaskannya, adapun tiga nama yang telah diumumkan langsung ditetapkan pasca sesi wawancara berakhir untuk 8 pejabat calon sekda. Dan tiga nama tersebut telah diberikan kepada Bupati Berau Sri Juniarsih.

Empat tahapan yang telah rampung tersebut, menandakan tugas dari Timsel hingga BKPP Berau rampung. Sehingga keputusan terakhir berada di tangan kepala daerah.

“Saat ini tinggal menunggu keputusan akhir ada di tangan Bupati Berau,” ujarnya.

Terkait jadwal pelantikan, ditegaskannya tergantung proses pengusulan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jika surat tersebut sudah terbit, Bupati Berau berhak untuk melanjutkan proses pelantikan Sekda baru. (Mnz/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER