spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggota Dewan, Bakhtiar Wakkang Terdaftar Sebagai Warga Miskin

BONTANG – Bakhtiar Wakkang, Anggota Komisi II DPRD Bontang menjadi salah satu nama yang terdaftar sebagai warga miskin di Badan Pusat Statistik (BPS) Bontang.

Katanya, dirinya tercatat sebagai salah satu warga miskin di Kota Bontang. Seharusnya pendataan tersebut tidak bisa sembarangan, karena dirinya merasa tak pernah dikunjungi oleh BPS untuk dilakukan pendataan.

“Ini saya dapat info dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM). Artinya data BPS ini tidak akurat,” ungkapnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (23/11/2023) kemarin.

Selain dirinya ada beberapa juga profesi lain yang masuk kategori miskin dengan tingkat ekstrim. Seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha dan juga yang lainnya. Seharusnya BPS bisa memvalidasi data agar bisa menjadi akurat. Jangan sampai ada indikasi permainan data.

“Saya hanya heran, datanya lengkap. Dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP serta alamat. Ini ada juga yang masuk kategori miskin, justru tercatut namanya sebagai orang mampu,” paparnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bontang, Bahtiar Mabe menjelaskan, data tersebut merupakan murni kesalahan teknis di lapangan. Hal itu tidak mungkin untuk sengaja dimasukkan.

“Ini benar-benar murni ada human error,” jelasnya.

Jika pun data tersebut merupakan data dari BPS, namun BPS belum melakukan publikasi. Meski demikian, pihaknya merupakan pengguna data yang juga bertugas melakukan verifikasi mengenai kebenarannya.

“Saat ini kami sedang melakukan validasi data yang tidak sesuai dan tidak memenuhi kriteria, akan dikeluarkan dari daftar,” tutupnya. (ADV/RM)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER