spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bantuan Perahu Fiber & Bibit Udang untuk Nelayan Muara Badak

TENGGARONG– Sejumlah bantuan perikanan kembali diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin. Bantuan diserahkan kepada sejumlah nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB). Pada Ahad (22/10/23), di Pelabuhan Toko 5, Kecamatan Muara Badak.

Bantuan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, diantaranya 13 unit perahu fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, dan 2 juta bibit Udang Windu kepada kelompok pembudidaya Inti Karya Bersama dan Tanjung Bersinar.

Rendi Solihin mengatakan, bantuan tersebut merupakan lanjutan dari program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif, yang merupakan program dedikasi Kukar Idaman.

Sebelumnya, juga bantuan sebanyak ratusan mesin dan perahu diserahkan kepada KUB dan pembudidaya ikan di kecamatan lainnya. “Program ini akan kita lanjutkan hingga 2024 nanti, masih banyak bantuan yang akan kita berikan. Sekarang masih dipetakan kebutuhan yang diperlukan masyarakat, ini merupakan pelaksanaan RPJMD Kukar Idaman,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Kukar juga membuat penunjang hilirisasi pembudidaya rumput laut. Berupa pembangunan pabrik rumput laut yang akan beroperasi di Kecamatan Muara Badak. Ini untuk menjamin hasil panen nelayan untuk memasok pabrik tepung rumput laut tersebut. Diharapkan akan meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut sekitarnya.

“Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kecamatan Muara Badak pun menjadi prioritas. Termasuk pembangunan rumah sakit di Muara Badak yang akan ditambah anggarannya, agar segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tak ketinggalan rumah ibadah pun turut dibantu oleh program Kukar Idaman. “Ini tak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat, amin kan ya supaya berjalan lancar,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER