spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Habis Kemping, Pria 68 Tahun Tersesat di Hutan Samboja

TENGGARONG – Nasib apes menimpa Kusno (68) asal Balikpapan. Dirinya tersesat di Hutan Kelurahan Karya Merdeka KM 29 Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) setelah berusaha mencari rekannya yang terpisah dari rombongan. Bukannya menemukan rekannya, malah kini dirinya yang harus dicari oleh tim SAR Gabungan.

Awalnya, Kusno bersama 3 rekannya asyik menghabiskan akhir pekan dengan kemping bersama. Mengetahui rekannya bernama Ari yang terpisah dari rombongan, Kusno pun berinisiatif untuk mencari Ari. Tetapi tidak lama kemudian Ari sudah bergabung, gantian Kusno yang tersesat di dalam hutan.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Saharuddin, saat ini komunikasi terus berjalan dengan korban. Meski sinyal dan jaringan di LKP kerap naik-turun. Termasuk saat pencarian korban yang dilakukan sejak pukul 02.00 – 06.00 pagi tadi, diperkirakan lokasi korban saat ini berada di titik KM 6-7 Hutan Kelurahan Karya Merdeka, ke arah Desa Semoi.

“Masih bisa komunikasi, kendalanya untuk tadi malam karena jaringan susah, betul-betul hutan lindung padat hutannya,” ungkap Saharuddin pada mediakaltim.com, Senin (12/6/2023).

Berdasarkan keterangan rekan korban, saat Kusno bergerak mencari rekannya hanya berbekal telepon seluler dan sebilah parang. Bahkan terakhir saat jam 06.00 pagi, korban mencari sumber air karena mengaku sudah mulai kehausan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Basarnas Kaltim, bahwa pencarian dibagi menjadi dua tim. Masing-masing melakukan pencarian ke arah barat sejauh 2 km, dan ke arah utara sejauh 2 km.

Pencarian sendiri dilakukan dengan penyisiran dibantu oleh tim SAR gabungan, relawan dan keluarga korban. “Kita (terus) lakukan penyisiran,” tutup Rhamadhani, personel Basarnas¬†Kaltim.¬†(afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER