spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kaltim Masuk Tuan Rumah OIC-CA 2023, Momentum IKN Dikenal

SAMARINDA – Event internasional Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) 2023 atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) telah resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Acara ini diadakan di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Provinsi Kaltim pada malam Sabtu, 8 Juli 2023. Dalam kesempatan tersebut, Menpora Dito menjelaskan bahwa kehadiran 57 anggota negara Islam dari seluruh dunia di Kaltim bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran informasi, komunikasi, dan mempererat silaturahmi. Hal ini diharapkan akan menciptakan kerja sama yang positif antara Indonesia dengan negara-negara Islam di seluruh dunia.

“Fokus kita ke depan adalah bagaimana membangun kepemudaan dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin tinggi. Untuk itu, melalui event ini kita harap dapat merekatkan seluruh anggota OKI demi kemajuan kepemudaan Indonesia,” ungkap Dito Ariotedjo usai membuka seremoni event internasional OIC-CA 2023.

Menurut Dito, ke depan diharapkan ada pertukaran pemuda antar anggota OKI di seluruh dunia. Dengan begitu, dapat menyampaikan informasi bagaimana Indonesia dengan kultur dan budaya serta kekayaan alamnya yang mampu menjadi daya tarik berinvestasi.

“Alhamdulillah Indonesia baru pertama melaksanakan kegiatan internasional ini dan Kaltim paling siap. Kaltim ingin menunjukkan bahwa ke depan provinsi ini siap menjadi ibu kota baru Indonesia,” jelasnya.

Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengatakan, Pemerintah Provinsi Kaltim dan masyarakat sangat bersyukur event internasional OICCA 2023 terdiri negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sedunia berkumpul di Indonesia, baik di Jakarta maupun Provinsi Kaltim.

Karena itu, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dukungan kepada pemerintah pusat dan daerah berkesempatan membangun kerja sama.

Sebab lanjutnya, kerja sama OKI bukan hanya pendidikan, tetapi juga perdagangan hingga sosial budaya.

“Para peserta akan melihat langsung bagaimana pengembangan kampus-kampus di Kaltim, seperti Unmul, UMKT, UINSI dan Uniba,” jelasnya.
Adapun peserta yang hadir diperkirakan kurang lebih 48 negara dari 57 negara tergabung dalam OKI. Kegiatan OIC-CA di Provinsi Kaltim dimulai sejak 7-14 JuliĀ 2023.(adpim/Rm)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER