spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kementerian PUPR Renovasi Sekolah di Sekitar IKN Nusantara

PENAJAM– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merenovasi sekolah di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yang telah ditetapkan sebagai kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kami akan lakukan renovasi semua sekolah yang berada di sekitar kawasan IKN,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Penajam, Kaltim, Senin.

Renovasi sekolah di Kecamatan Sepaku, lanjut dia, agar ada keseimbangan antara pembangunan IKN dengan infrastruktur pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara memunculkan harapan bagi dunia pendidikan, khususnya di Kecamatan Sepaku yakni sarana prasarana atau infrastruktur sekolah juga dapat merata.

Peningkatan infrastruktur sekolah sangat penting dalam menghadapi kepindahan IKN Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur tersebut.

Kementerian PUPR, menurut Basuki, sudah merencanakan melakukan renovasi seluruh sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku, sebagai kawasan inti IKN Indonesia baru.

“Renovasi sekolah itu pada tahap awal diprioritaskan di wilayah Kecamatan Sepaku, karena menjadi lokasi pemindahan dan pembangunan IKN,” tambahnya.

Kementerian PUPR belum memprioritaskan renovasi sekolah yang berada di kecamatan lainnya di Kabupaten Penajam Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai daerah induk IKN Indonesia baru.

Kementerian PUPR juga bakal melakukan renovasi terhadap fasilitas umum lainnya yang sudah ada di Kecamatan Sepaku sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara.

“Fasilitas umum lainnya yang sudah ada seperti fasilitas kesehatan dan pasar akan dibenahi untuk pemerataan pembangunan,” kata Basuki Hadimuljono.

Diharapkan, pemindahan IKN Nusantara dapat memberikan dampak positif terhadap pemerataan pembangunan di daerah IKN Indonesia baru tersebut. (antara/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER