spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KFBN 2023 Dimulai, Ajang Tampilkan Seni dan Budaya se-Indonesia

TENGGARONG – Bupati Kukar, Edi Damansyah, memulai rangkaian kesenian Kukar Festival Budaya Nusantara 2023 dengan menabuh rebana dan meledakkan konfeti pada Minggu (9/7/2023) lalu. Acara tersebut dihadiri oleh Wabup Kukar Rendi Solihin, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kepala Dispar Kaltim Ahmad Herwansyah, dan Forkopimda Kukar.

Sebelumnya, acara ini telah dimeriahkan dengan penampilan kesenian tarian dari berbagai kabupaten dan kota. Acara ini juga dihadiri oleh para undangan, termasuk 9 negara peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) di Kukar serta perwakilan dari 56 negara yang ikut dalam acara Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA) di Kaltim.

Event skala nasional yang awalnya bernama Tenggarong International Folk and Arts Festival (TIFAF) ini, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, untuk lebih menampilkan kesenian dan kebudayaan se-Indonesia.

“Dengan harapan kedepan banyak ikut serta peserta se-Indonesia, kita optimalkan budaya nusantara,” ungkap Edi Damansyah pada mediakaltim.com, Minggu (9/7/2023).

Bahkan realisasi Kukar Festival Budaya Nusantara 2023 inipun diklaim didukung oleh Kemenparekraf. Bagaimana kebijakan ini mendorong keberadaan budaya nusantara. Keinginan untuk memelihara, mengelola dan mengembangkan budaya asli Indonesia.

Inipun bentuk Pemkab Kukar dalam mengoptimalkan dan menghargai pelaku seni yang masih menjaga tradisi budaya nusantara. “Tahun depan akan kita lakukan lagi, kita sepakat bahwa yang harus kita beri ruang besar adalah budaya nusantaranya. Tahun depan semoga bisa dirancang dengan baik, pelaku seni se-Indonesia bisa kita hadirkan disini,”¬†tutupnya.(Rm)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER