spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kondisi Pasien Lansia Wajib Pahami Nakes dan Dokter

SAMARINDA – Depresi dan demensia adalah hal yang paling sering ditemui npada pasien lanjut usia (lansia). Kondisi kejiwaan pasien lansia itu wajib menjadi perhatian khusus.

Item itu menjadi salah satu topik bahasan dalam Pelatihan Kesehatan Geriatri bagi Tenaga Kesehatan Tingkat Provinsi Kaltim 2023 Angkatan II dan III.

“Pelayanan kesehatan jiwa dan intelegensia pada usia lanjut lebih kepada pelayanan dengan pendekatan yang lebih intensif dengan pertanyaan dengan konsep diskusi yang lebih menenangkan pasien, ” dr. Eka Yuni Nugrahayu, Sp.KJ dari Rumah Sakit Atma Husada.

Diuraikan, pertanyaan-perranyaan seperti bagaimana kondisi kehidupannya, kondisi semangat, tingkat kebahagiaan, permasalahan dan bagaimana kemampuan pasien saat ini, dilakukan dengan teknis yang tepat agar bisa menumbuhkan rasa nyaman pasien.

Menurutnya, kondisi depresi adalah hal paling sering ditemui. Untuk pasien depresi, cara dokter atau nakes berkomunikasi harus bisa memancing, pasien untuk lebih semangat.
“Bagaimana pembawaan dokter dan nakes sangat memengaruhi kondisi pasien saat ditanya terkait kondisinya,” katanya.

Apalagi kondisi pasien depresi sangat rentan dan sangat sensitif. Proses mengorek informasi juga harus lebih detailing. Untuk bisa mendapatkan kondisi ideal dalam proses itu, ada sesi latihan bagi seluruh peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok.

“Tujuannya untuk mendapatkan kondisi ideal saat proses memahami kondisi pasien, ” Ucapnya lagi. (ADV/RM)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER