spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mesin Buncu Baca Etam PPU dan Paser Siap Diluncurkan

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim akan kembali melakukan distribusi anjungan baca yang diberi nama Buncu Baca Etam, kepada 2 Kabupaten yang terletak di selatan Kaltim yakni Penajam Paser Utara (PPU) dan Paser.

Dikatakan, Kepala Bidang Layanan, Otomasi, dan Kerja Sama DPKD Kaltim Mustika Wati baru-baru ini bahwa pendistribusian ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan.

“Ini mungkin yang terakhir kita distribusikan ya, dalam pemerintahan Gubernur Kaltim kita ya, karena Oktober beliau akan digantikan sementara, nah Minggu depan insyaallah beliau akan melakukan serah terima di PPU dan Paser, tapi harinya masih belum ditentukan,” ujarnya.

Mustika, tidak merinci berapa unit yang akan didistribusikan ke Kabupaten PPU dan Paser, tapi biasanya paling sedikit setiap kabupaten mendapatkan 3 unit mesin Buncu Baca Etam, yang kemudian disebar ke beberapa titik dimana biasanya banyak orang berkumpul, seperti rumah sakit dan kantor-kantor pemerintah.

“Pastinya akan disebar ke beberapa titik,” ungkapnya.

Diketahui seperti di Samarinda, mesin Buncu Baca Etam juga di sebar oleh DPKD di beberapa titik di antaranya di Perpus Kaltim sendiri, di Kantor Walikota Samarinda, di Kantor Bank Kaltimtara, Rumah Sakit AW Syahrani dan Bandara APT Pranoto, masing-masing 1 unit.

Adapun koleksi buku digital yang dimiliki Buncu Baca Etam, yang bisa didownload sebanyak 600 koleksi buku yang terdiri dari berbagai macam judul buku. Pengguna Buncu Baca Etam dapat menggunakan fasilitas ini secara gratis, melalui cara scan QR Code yang tersedia pada mesin Buncu Baca Etam.

Pengguna juga dapat bebas memilih buku seperti buku cerita anak, pengetahuan umum, kesehatan dan koleksi buku lainnya.(adv/Rm)

Pewarta: Hanafi
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER