spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Miris, Bangunan SD di Paser Rusak Perlu Segera Direhabilitasi

PASER – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser tengah fokus melakukan pendataan bangunan gedung sekolah yang kondisinya sudah tidak layak saat ini  dan kini siap diusulkan segera direhabilitasi.

Kepala Disdikbud Kabupaten Paser, M Yunus Syam, memastikan bahwa saat ini memang pihaknya sudah melakukan proses pendataan disetiap sekolah yang ada, sesuai dengan kewenangannya ditingkat sekolah SD dan SMP.

“Saat ini kami sudah jalankan tahap pendataan gedung sekolah yang perlu direhabilitasi,” kata Yunus.

Dengan melihat berdasarkan kondisi bangunan sekolah yang ada di Kabupaten Paser, ia memastikan perehaban gedung sekolah nantinya bakal banyak diperuntukan pada bangunan SD. “Kerusakan memang saat ini banyak dialami pada bangunan SD,” ucapnya.

Disebutkannya, ada 223 sekolah yang tersebar disetiap Kecamatan, Kabupaten Paser, dengan mayoritas kerusakan bangunan dialami pada sekolah didaerah terpencil, terutama wilayah yang sulit dijangkau.

Adanya wilayah yang tak mudah dijangkau juga sempat menjadi hambatan, apalagi material yang dibutuhkan sulit untuk bisa sampai kelokasi, hal ini menjadi sisi penilaian para pekerja proyek untuk enggan melirik ke daerah tersebut.

“Sudah sempat ada beberapa wilayah yang mau kita bangun, namun gagal dikarenakan para kontraktor menghitung juga biayanya,” terangnya.

Kerusakan tak hanya dialami pada daerah pelosok, namun juga ditemukan diwilayah perkotakan pusat Kabupaten di Kecamatan Tanah Grogot. Adapun terkait kerusakan yang dialami di beberapa sekolah disebabkan pada kondisi bangunan dengan usianya yang sudah cukup lama sejak didirikan.

“Termasuk di Kecamatan Tanah Grogot juga ada sekolah yang perlu direhab, seperti di SD 015 Sungai Tuak, begitupun sekolah di daerah muara pasir, bangunannya itu karena memang sudah lawas” pungkasnya. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER