spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Diminta Serius Tekan Angka Pengangguran di Berau

TANJUNG REDEB – Wakil Ketua II DPRD Berau, Ahmad Rifai mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk membuat program-program prioritas untuk menekan angka pengangguran di Bumi Batiwakkal.

Terlebih bagi OPD terkait agar lebih memahami situasi dan kondisi terkait perkembangan perekonomian di Berau. Yang paling utama yakni, perkembangan dan kebutuhan dalam dunia kerja.

Pasalnya, salah satu penyebab tingginya angka pengangguran di Berau, lantaran lapangan pekerjaan yang tersedia sangat sedikit. Jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan para pencari kerja. Belum lagi lulusan sarjana di Berau juga semakin banyak.

“Kami meminta Pemerintah Daerah untuk berkoordinasi dengan para investor membuka peluang kerja kepada masyarakat lokal untuk memastikan jumlah tenaga kerja daerah berhasil terserap,” kata Rifai.

Dirinya, berharap pemerintah lebih mengamati pertumbuhan ekonomi makro secara serius serta memperhatikan sektor yang berpeluang menyerap tenaga kerja terbanyak. Selain itu, juga untuk mengedepankan prinsip padat karya dibanding padat modal.

Hal itu harus dilakukan untuk mencari langkah yang mesti diambil dalam memenuhi penyerapan angkatan kerja di masa depan. Rifai, meminta Pemkab Berau untuk lebih cermat membaca peluang usaha yang tersedia di Bumi Batiwakkal. Hal ini untuk memastikan lapangan kerja bisa diciptakan lebih banyak dan tenaga kerja bisa terserap maksimal.

“Jika terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi, pemerintah tentu bisa menyiapkan langkah apa yang harus diambil,” tutupnya. (Adv/Mnz)

Pewarta: Amnil Izza
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER