spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Bupati PPU Sambut Kunjungan Kerja Kasad ke Kawasan IKN

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menyambut kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak ke Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (21/2/2023). Dalam agenda kunjungan kerja pada beberapa titik pembangunan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Diketahui Jenderal Maruli tiba di Kaltim sejak Selasa (20/2/2024) melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Kedatangannya didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta rombongan.

Dalam kunjungannya itu, Jenderal Maruli melakukan berbagai agenda dalam beberapa hari. Di antaranya penanaman mangrove di Pantai Lamaru Balikpapan, kick off pembangunan 89 titik air di Kutai Kartanegara (Kukar) hingga meninjau kesiapan pelaksanaan HUT RI ke 2024 di IKN.

“Untuk memastikan pembangunan IKN berjalan cukup lancar. Terutama dalam pembangunan lapangan upacara yang akan segera digunakan pada upacara HUT RI 17 Agustus tahun ini,” ujar Letjen Maruli.

Pada kunjungan tersebut, juga dilaksnakan pemberian penghargaan dari Kesultanan Paser untuk Jenderal Maruli berupa Gelar Kaka Demong Agung Bela Negara. Prosesi ini juga disaksikan langsung Pangdam VI Mulawarman Mayjen Tri Budi Utomo hingga unsur Forkopimda PPU dan jajaran terkait.

Sementara itu, Pj Bupati PPU Makmur Marbun pada kesempatannya menyampaikan kondusifitas wilayah PPU, khususnya saat pembangunan IKN dimulai. Sebab seiring pembangunanannya, PPU mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Pusat maupun dari TNI utamannya dalam hal pembangunan daerah.

“Terkait kahadiran IKN ini, masyarakat PPU sangat menyambut baik dan turut mensuport berbagai upaya percepatan yang saat ini dilakukan. Termasuk terus melibatkan dan mengembangkan SDM Kabupaten PPU agar menjadi bagian dari IKN diberbagai sektor pembangunan yang ada,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, ia juga menyampaikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di PPU saat ini terus berjalan di tiap kecamatan. Juga bersama masyarakat, Pemkab PPU terus menggiatkan pembangunan di semua sektor, untuk mengejar ketertinggalannya dari daerah-daerah lain.

“Tentunya, seluruh kegiatan pembangunan yang saat ini dilakukan merupakan suatu bentuk dukungan dari pemerintah di daerah, baik itu dari pemerintah desa/kelurahan maupun pemerintah kecamatan, dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan nasional ke depannya seiring dengan hadirnya IKN Nusantara di Kabupaten PPU,” jelas Makmur.

Secara umum semua itu berlangsung dengan baik dan berada dalam suasana kondusif. Hal ini, sambung Makmur, berkat adanya dukungan dan kemitraan yang sangat baik antara pemerintah dan masyarakat serta dukungan jajaran TNI/Polri.

“Atas dasar itulah, Kami di Kabupaten PPU tidak pernah bosan dan lelah untuk terus-menerus melaksanakan program-program pembangunan di daerah. Termasuk program membangun desa/kelurahan yang bersinergi dengan TNI. Terlebih Kabupaten PPU ke depan akan menjadi ikon baru sebagai Serambi Ibu Kota Nusantara, yang tentunya seluruh program pembangunan harus dapat lebih ditingkatkan,” tutupnya. (ADV/DiskominfoPPU)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER