spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Posyandu, Screening Masyarakat untuk Persoalan Kesehatan atau Gizi

SAMARINDA – Analis Gizi Dinas Kesehatan Kaltim Uzah Maria Ulfah mengatakan, Posyandu atau pos pelayanan terpadu memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat. “Posyandu dapat menjadi tempat screening atau penapisan bagi masyarakat yang mengalami persoalan terkait kesehatan atau gizi,” jelas Uzah.

Lebih lanjut, Posyandu menjadi salah satu bentuk pelayanan kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh masyarakat bersama pemerintah.

Menurutnya, Posyandu juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan pencegahan penyakit. Posyandu tidak hanya ditujukan untuk balita, ibu hamil, dan lansia, tetapi juga untuk semua fase umur.

“Posyandu terdapat beberapa skema, yakni registrasi, penimbangan, pengukuran tinggi badan, imunisasi, dan pemberian makanan tambahan. Semua itu bisa dilakukan untuk semua umur, tidak hanya balita,” bebernya.

Ia berharap, Posyandu dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim. “Posyandu itu penting untuk kesehatan dan gizi kita. Mari kita dukung dan manfaatkan Posyandu dengan baik,” tutup Uzah. (ADV/RM)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER