spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pucuk Pimpinan Lanal Balikpapan Berotasi, Dari Rasyid ke Hendriman

Balikpapan – Komandan Lanal Balikpapan berganti, dari yang sebelumnya dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz kini dijabat oleh Kolonel Laut (P) Hendriman Putra. Serah terima jabatan pun berlangsung pada Selasa (1/8/2023) di halaman Makolanal Balikpapan.

Serah terima jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Danlantamal XIII, Laksamana TNI Deni Herman yang sekaligus juga melakukan serah terima jabatan terhadap Danlanal Kota Baru dari Letkol Laut (P) Edy Setyawan kepada Letkol Laut (P) Hapsoro.

Dalam amanatnya, Deni mengatakan, bahwa serah terima jabatan merupakan hal yang lumrah dalam tubuh organisasi TNI. Selain sebagai bentuk penyegaran juga untuk memberikan kesempatan kepada pejabat baru menghasilkan terobosan-terobosan yang baru.

Deni juga mengingatkan, bahwa Mako Lanal Balikpapan dan Mako Lanal Kota Baru berada pada posisi yang strategis. Dengan keunggulan kompetitif baik dalam segi geoekonomi, geopolitik maupun geostrategis.

“Namun, posisi tersebut menurutnya sangat rentan akan ancaman keamanan maritim,” ujarnya.

Lebih lanjut Danlantamal XIII menjelaskan, adanya potensi kerawanan dan pelanggaran yang dapat menjadi ancaman sehingga dapat mengganggu stabilitas perekonomian dan keamanan wilayah, potensi kerawanan dan pelanggaran yang menonjol.

“Laka laut, ilegal fishing, abrasi, pencemaran perairan, pengangkutan tambang ilegal dan perkelahian antar nelayan maupun penduduk, terlebih lagi dengan arah kebijakan pemerintah dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN),” jelasnya.

Kawasan IKN menurutnya merupakan wilayah kerja Lanal Balikpapan. Untuk itu ia meminta seluruh jajaran agar menjaga kesiapsiagaan untuk pengamanan aspek laut dalam mendukung percepatan pembangunan IKN.

Selain itu, Deni juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang telah memberikan dedikasi dan kerja kerasnya selama menjabat. Ia berpesan agar tetap memberikan loyalitasnya kepada masyarakat juga negara.

“Lanjutkan hal- hal yang baik yang telah diukir oleh pejabat pendahulu,” tutupnya.(Rm)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER