spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TMMD ke-117 untuk Membangun Daerah, Manfaatnya Dirasakan Masyarakat

KONGBENG – Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 di Lapangan Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng pada Rabu (12/7/2023). Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wabup Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Kajari Kutim Romlan Robin, Staf Ahli Bupati Kutim, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kutim, Camat Kongbeng Jumran, Camat Telen Luhat Ivung, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah menjelaskan bahwa TMMD merupakan program kerja sama lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

“Ini wujud dukungan nyata TNI kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati Ardiansyah menekankan bahwa kegiatan TMMD harus diinformasikan secara jelas kepada masyarakat agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Tujuan dan sasaran program harus dipahami oleh masyarakat dan manfaatnya harus dapat dirasakan sehingga dapat memaksimalkan potensi masyarakat dalam pembangunan daerah.

“Dengan semangat gotong-royong untuk membangun Kutim sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita dengan wujud semangat yang sejalan dengan visi pemerintah yaitu Menata Kutim Sejahtera untuk Semua,” tambahnya.

Selain itu, ia mengajak kepada semua pihak untuk memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, dengan membantu dan mendampingi dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan selama TMMD, baik fisik maupun non fisik.

“Mari kita jalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan para prajurit yang melaksanakan kegiatan TMMD di daerah kita,” ajaknya.

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ke-117 tahun 2023. Karena kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan karena dilaksanakan secara bersama-sama,” ucapnya.

Sebelumnya, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika melaporkan bahwa TMMD ke-117 di Kecamatan Kongbeng dilaksanakan berdasarkan surat telegram Pangdam VI/MLW selaku PKO TMMD Nomor ST/748/2023 tanggal 27 Juni 2023 tentang perintah untuk melaksanakan program TMMD ke-117 tahun 2023. Surat telegram Danrem 091/ASN Nomor ST/812/2023 tanggal 27 Juni 2023 tentang perintah untuk melaksanakan program TMMD ke-117 tahun 2023 selama 30 hari dan pertimbangan Komando dan staf Kodim 0909/KTM.

“Tempat pelaksaannya ada di Desa Suka Maju dan Desa Makmur Jaya Kecamatan Kongbeng. Dimulai dari tanggal 12 Juli sampai 10 Agustus 2023. Sedangkan untuk personelnya sebanyak 150 orang” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa sasaran TMMD ke-117 yakni sasaran fisik meliputi peningkatan jalan (pengerasan) antara Desa Makmur Jaya dan Suka Maju. Jalan yang biasa ditempuh sekitar 4-5 kilometer akan dipotong menjadi sekitar 2 kilometer. Di samping itu juga rehab musala, rehab rumah layak huni sebanyak 2 unit dan pembuatan 1 unit sumur bor.

“Untuk sasaran non fisiknya meliputi penyuluhan berkaitan dengan Kamtibmas, bela negara, KB Kesehatan, pertanian dan peternakan, narkoba, stunting balita, posyandu dan sosialisasi perekrutan prajurit TNI AD,” terangnya.(Rkt1/Adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER