spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

UMKM Perlu Difasilitasi dengan Optimal

TANJUNG REDEB – Keberadaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bumi Batiwakkal cukup memengaruhi perputaran roda ekonomi. Makanya, dinilai Ketua DPRD Berau, Madri Pani, mereka perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

Pemerintah daerah, kata Madri, perlu memberikan fasilitas bagi UMKM yang lebih optimal. Salah satunya, dengan memberikan fasilitas berupa lokasi berjualan yang baik.

“Jangan hanya sekedar ditertibkan saja. Pelaku UMKM ini harus mendapat perhatian karena mereka juga berjualan untuk menafkahi keluarganya,” ucapnya.

Selain itu, perlu juga ditunjang dengan program lain yang lebih inovatif serta pembangunan yang tepat sasar sesuai kebutuhan para pelaku UMKM. Satu hal yang ditegaskannya, harus direalisasikan dengan gagasan dan konsep yang jelas. Tentunya juga yang masih berkaitan dengan pariwisata. Mengingat kehadiran UMKM ikut mendukung jumlah kunjungan wisatawan.

“Jika tidak disusun sekarang, maka ke depan tidak ada konsep pasti. Itu pasti memengaruhi pembangunan berkeadilan yang akan dicapai,” terangnya.

Madri menambahkan, pemerintah daerah harus mendukung pemasaran produk hingga mampu menjangkau ke luar daerah. Apalagi daya jual pariwisata juga bergantung pada produk unggulan yang dipasarkan.

“Termasuk pelaku UMKM yang ada di destinasi wisata. Karena itu perlu konsep pariwisata yang jelas ke depannya,” tutupnya. (Adv/Mnz)

Pewarta: Amnil Izza
Editor: Irfan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER